Sabtu, 17 Oktober 2009

TEKNOLOGI





SportBand

Nike menyediakan sebuah perangkat disebut SportBand yang digunakan di pergelangan tangan dan mampu memberitahu pelari berapa jarak yang telah ditempuh, mengukur pacu lari, serta waktu lari, serta kalori yang telah terbakar. Perangkat ini pun bisa terhubung dengan iPod untuk mencatat semua ukuran tersebut sambil mendengarkan musik digital.
Nike SportBand juga berfungsi sebagai USB Flashdrive yang bisa terkoneksi dengan www.nikeplus.com, memungkinkan seluruh aktivitas lari direkam dan dimasukkan ke dalam situs web tersebut. Situs ini akan merekam jelajah yang telah ditempuh selama berlari dalam peta, melihat kemajuan olahraga lari setiap hari, menetapkan tujuan lari yang ingin dicapai, dan bersaing lari dengan orang lain yang juga menggunakan SportBand.
SportBand ini menjadi menarik membentuk komunitas pelari sendiri yang tidak mengenal satu sama lain dan menjadi tantangan menarik untuk meningkatkan target lari yang ingin dicapai seseorang. Kombinasi teknologi sepatu lari, aksesori digital, dan situs jejaring sosial, memang menjadi tren penting yang terus meningkat secara pesat pada masa yang akan datang.


Teknologi NASA

Tren ini dibaca oleh perusahaan sepatu olahraga Nike Inc yang berpusat di Oregon, AS, dengan memperkenalkan jenis sepatu baru disebut LunarGlide+ yang dirancang memanfaatkan teknologi canggih untuk keperluan ruang angkasa. Seperti pada seri Lunar Racer dan Lunar Trainer, sepatu baru buatan Nike ini menggunakan busa yang disebut Lunarlite yang sebelumnya digunakan sebagai teknologi Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA).
Lunarlite adalah konstruksi inovatif bagian sol dan teknologi Flywire pada bagian atas sepatu. Dengan berat sekitar 300 gram, LunarGlide+ memiliki bagian sol yang empuk dan kenyal, sedangkan teknologi Flywire memungkinkan penggunaan sepatu terbaru Nike ini menyatu dengan kaki bagian atas karena perbedaan menjahit bahan sepatu pada bagian atas yang tidak memiliki sambungan, memungkinkan untuk menggunakan sepatu ini tanpa kaus kaki.
Ketika digunakan berlari, Nike LunarGlide+ ini terasa sangat empuk, pelari menggunakan sepatu ini seperti menginjak sesuatu yang ringan dan membal. Yang menarik dari Nike LunarGlide+ ini adalah aksesori yang menyertainya, serta kemampuannya untuk membentuk jejaring sosial internet, khususnya di kalangan orang-orang yang berolahraga dengan berlari.

 

Copyright 2009 Arief Rahmanto